Pages

Kamis, 16 Agustus 2012

Pemerintah Akan Mengembangkan Sepeda Motor Listrik

Sepeda motor elektronik dipamerkan di pusat kota Kopenhagen, Selasa (15/12). Konferensi PBB perubahan iklim sedang berlangsung di Kopenhagen yang bertujuan melindungi dunia dari bencana pemanasan global. AP Photo/Peter Dejong

Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Danang Parikesit mengatakan rencana pemerintah mengembangkan sepeda motor listrik malah akan menambah kemacetan di jalan raya. "Apalagi keberadaan motor konvensional saat ini sudah kompetitif," kata Danang ketika dihubungi, Selasa, 31 Juli 2012.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan sebelumnya menyatakan akan mengembangkan motor listrik. Rencana itu dilakukan setelah pemerintah juga berencana untuk mengembangkan mobil listrik.

Lebih jauh, Danang menilai, pengembangan sepeda motor yang kompetitif itu terlihat dari harga jual sepeda motor yang cukup terjangkau dan efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Pengembangan sepeda motor listrik, menurut dia, bisa berjalan efektif asal bisa menggantikan sepeda motor konvensional.

Salah satu dampak positif dari sepeda motor listrik jika benar-benar dikembangkan, menurut dia, adalah efektivitasnya mengurangi polusi dan mengurangi subsidi bahan bakar minyak (BBM). “Jelas ini sangat baik," kata Danang.

Sementara itu, pabrikan sepeda motor juga masih menanggapi dingin rencana pemerintah tersebut. Juru bicara PT Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbuddin, menyatakan belum ada rencana mengembangkan sepeda motor listrik. "Kami belum ada rencana yang mengarah ke sana," ujarnya.

Ahmad menyatakan, pengembangan sepeda motor listrik itu bisa saja dilakukan oleh pemerintah. Honda sendiri hingga kini belum melakukan riset kelayakan dari sepeda motor listrik tersebut.

Dia juga menyatakan tidak menutup kemungkinan Honda bekerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan sepeda motor listrik itu. "Kalau memang ada, mungkin saja, tapi kita kan belum menerima dan melihat tawarannya, dan kita juga belum ada riset juga," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar